RENUNGAN AKHIR TAHUN

>> Friday, December 25, 2009


"Apabila hari ini lebih baik daipada kemarin, maka kita termasuk orang yang beruntung. Apabila hari ini sama dengan kemarin, maka kita termasuk orang yang merugi dan apabila hari ini lebih buruk daripada kemarin maka kita termasuk orang yang celaka."

Hari berganti hari, bulan berganti bulan dan tanpa dinyana kita sudah berada di penghujung tahun dan bersiap-siap memasuki tahun yang baru. Secara deret hitung bertambah satu lagi umur kita, namun secara fisik(jasmaniah) justru berkurang satu.

Waktu berjalan sangatlah cepat, seakan-akan belumlah terlalu lama pergantian tahun sebelumnya namun sekarang kita sudah akan menghadapi pergantian tahun berikutnya. Bila kita tambahkan satu dari umur kita sekarang, terbersit jawaban dalam benak - bertambah tua aku kini. Teringat waktu semasa kanak-kanak dulu, begitu mengharapkan untuk segera besar dan menjadi seorang pemuda, dan begitu menjadi pemuda berharap lagi untuk menikah dan menjadi orang tua.

Begitulah waktu ia akan tetap berjalan sebagaimana kehendak-NYA, terus berputar pada porosnya tiada sedikit pun abai atau lelah. Jadi tinggal kita sekarang mau bersinergi dengan memanfaatkannya sebaik mungkin atau malah lalai.

Dalam bukunya yang sangat terkenal "La Tahzan", DR. 'Aidh al-Qarni menulis tentang masa lalu yang buruk. "Mengingat dan mengenang masa lalu, kemudian bersedih atas nestapa dan kegagalan di dalamnya merupakan tindakan bodoh dan gila. Itu, sama artinya dengan membunuh semangat, memupuskan tekad dan mengubur masa depan yang belum terjadi."

Masa lalu adalah masa lalu dan tidak akan pernah bisa kembali lagi namun bukan berarti kita mencampakkannya begitu saja, masa lalu adalah bagian dari sejarah kita. Berinstrospeksi diri melihat setahun ke belakang, apa yang telah kita lakukan dan apa yang telah kita alami, hasil apa saja yang telah kita capai dan apa yang belum tercapai sebagaimana yang telah kita rencanakan pada tahun sebelumnya, baik bagi diri sendiri, keluarga juga lingkungan. Ambil hikmah dari ketidakberuntungan dan pertahankan hal-hal baik bila perlu lebih ditingkatkan lagi untuk masa yang akan datang.


Masa depan memanglah masih samar dan gaib bagi kita. Kita tidak tahu apa yang terjadi dan apa yang akan kita dapatkan di masa depan. Namun bukan berarti kita bersikap apatis tetap siapakan rencana-rencana baik yang akan kita lakukan dengan berkeyakinan bahwa hari esok harus lebih baik daripada hari ini.

"Dalam syariat, memberi kesempatan pada pikiran untuk memikirkan masa depan dan membuka-buka alam gaib, dan kemudian terhanyut dalam keccemasan-kecemasan yang baru diduga darinya, adalah sesuatu yang tidak dibenarkan. Pasalnya, hal itu termasuk thulul amal (angan-angan yang terlalu berlebihan). Secara nalar, tindakan itu pun tak masuk akal, karena sama halnya dengan berusaha perang melawan bayang-bayang." (La Tahzan)

Biarkan hari esok datang dengan sendirinya. Jangan pernah menanyakan kabar beritanya, dan jangan pula pernah menanti serangan petaka darinya. Selalu bersyukur dengan apa yang kita dapatkan dan bermunajat untuk senantiasa berada pada jalan yang lurus pada masa yang akan datang.

5 comments:

NENSA MOON December 25, 2009 at 6:05 PM  

Memang seharusnya kita merenung di setiap akhir tahun...
mereview kembali apa2 yg pernah kita lakukan di masa lalu dan menjadikannya pelajaran untuk melangkah lebih baik di kemudian hari...

Benar2 mengesankan "RENUNGAN AKHIR TAHUN"...
Kerenn...top abis nih postingannya Mas Java!!

kakve_santi December 29, 2009 at 10:42 PM  

akhir tahun adalah satu momen dimana tahun esok akan kita bangun seperti apa

Mas Java December 29, 2009 at 11:08 PM  

Makasih "KAKVE_SANTI atas commentnya! sebagaimana sebuah harapan, hari esok akan kita bangun dengan suatu hal terbaik dengan berpondasikan kelebihan dan kekurangan kita kini...

belajarcafe January 2, 2010 at 1:13 PM  

hi lam kenal, makasih udah mengunjungi blog ku n met taun baru

Mas Java January 2, 2010 at 11:33 PM  

salam kenal dan met tahun baru juga http://www.blogger.com/profile/04353577569780602698, makasih atas kunjungannya..

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


free counter

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP